Senin, 09 April 2018

Inilah Beberapa Hal yang Perlu Anda Ketahui Ketika Memilih Model Baju Batik Agar Tidak Kecewa


Bukan sebuah rahasia lagi jika seandainya banyak diantara masyarakat Indonesia yang senang mengoleksi busana batik, seperti yang diketahui bahwa kain ini merupakan salah satu identitas dari bangsa Indonesia yang sudah sangat dikenal oleh masyarakat dunia, semakin banyak yang menggunakannya, maka bisa dikatakan bahwa pakaian tradisional ini juga akan selalu lestari. Hanya saja masalahnya banyak diantara generasi muda yang kurang begitu senang memakai batik, bukan tanpa alasan, karena kebanyakan diantara model baju batik memang terlihat monoton bahkan tampak tua.

Namun jangan khawatir, karena kenyataannya sekarang ini banyak desainer-desainer handal yang membuat pakaian berbahan dasar batik dengan aksen yang lebih kekinian atau tampak muda. Diantaranya adalah dengan mengikuti gaya-gaya yang sedang trend di kalangan anak muda, tak melulu bentuk kemeja atau busana kurung saja, melainkan juga model pakaian kekinian layaknya dress hingga busana couple dari bahan kain batik. Jika kurang puas membeli tawaran jadi, maka tak ada salahnya dengan membeli kain sendiri kemudian membuatnya sesuai dengan model yang diinginkan.

Ada cukup banyak inspirasi model baju batik masa kini yang bisa Anda coba. Pastinya juga tak akan merugikan untuk dipakai. Hal utama yang patut dipertimbangkan adalah pemilihan kain yang bagus, pada dasarnya batik ini sendiri terbagi atas 2 jenis, diantaranya adalah batik tulis, bisa dikatakan inilah produk batik asli atau yang sebenar-benarnya, karena dibuat dengan menggambarnya satu-persatu. Ada juga jenis cap atau sablon yang paling umum dijumpai di pasaran. Adapun agar tak salah dalam memilih, maka wajib bagi Anda mengetahui beda keduanya, yaitu:

1. Harga, 

Hal paling mendasar yang membedakan antara keduanya memang dari segi harga, faktanya batuk tulis ini memang dijual dengan harga yang lebih mahal dibandingkan dengan jenis batik cap atau sablon, karena proses pembuatannya memang lebih lama dan juga sulit dengan menggambarnya di atas kain satu persatu.

2. Warna, 

Dari segi tampilan warnanya juga jauh berbeda, umumnya batik yang dibuat dengan canting akan menghasilkan warna yang lebih natural, bahkan tak jarang di beberapa bagian juga ada gambar yang agak tercoret, karena prosesnya terkadang tidak bisa sempurna. Agar berbeda dengan jenis batik cap yang tampil lebih sempurna dengan warna terang dan juga mengkilap.

3. Bahan, 

Dari segi kain yang dipakai dalam pembuatannya ternyata juga berbeda, kain batik tulis umumnya dibuat dari kain alami, diantaranya seperti sutera, kemudian juga ada kain katun, kedua jenis kain ini paling banyak dipilih dalam pembuatannya karena memang menghasilkan tampilan warna yang jauh lebih sempurna dibandingkan dengan bahan lainnya, sedangkan batik cap biasanya menggunakan bahan kain polyester.


4. Aroma dan juga perawatannya.

Jika melihat dari hasil jadi aslinya kain batik cetak yang asli umumnya akan tetap mengeluarkan aroma khas dibandingkan dengan batik cap. Begitu juga dengan perawatannya memang tidak bisa sembarangan seperti batik tulis, karena rentan menyebabkan kerusakan jika dicuci dengan detergen. Ada produk khusus yang umumnya dipakai untuk mencucinya.

Setelah mendapatkan jenis kain yang tepat, maka bisa melihat model baju batik yang bagus, temukan juga jasa jahit yang tepat untuk membantu Anda mendapatkan busana yang diinginkan tersebut. Namun jika ingin lebih praktis memang lebih disarankan bagi Anda untuk membeli pakaian atau busana batik tersebut langsung jadi di pasaran.
\


 
About - Contact Us - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top