Selasa, 28 Agustus 2018

Telkomsel Sukses Lakukan Uji Coba 5G di Asian Games Tahun Ini !

(Sumber gambar: www.harianrakyataceh.com)

Telkomsel  ikut berpartisipasi dalam memeriahkan Asian Games 2018 dengan melakukan uji coba 5G beberapa waktu lalu. Telkomsel menjadi operator pertama yang berhasil mensukseskan teknologi 5G dalam turnamen olahraga terbesar di Asia saat ini.
Ini pun berhasil menarik perhatian Rudiantara selaku Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Indonesia. Meski teknologi 5G ini dipamerkan dalam batas uji coba atau demo saja, namun Rudantara mengaku sudah cukup kagum dengan perkembangannya.
 “Kita tidak menyangka kalau akhirnya 5G bisa di-showcase di tahun ini. Ini jelas menunjukkan bagaimana kita bisa mempersiapkan diri,” ucap Rudiantara ketika diwawancarai pada hari Rabu kemarin di Telkomsel 5G Experience Center, Gelora Bung Karno (GBK).

Menurutnya, ini menjadi pembuktian bahwa Indonesia mampu bersaing dalam ranah teknologi informasi. Dengan begitu, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara, mengungkapkan pihaknya mendukung implementasi 5G sepenuhnya.

 “Jadi mumpung Asian Games, kita showcase 5G, kita tunjukkan kepada atlet dan official biar pas mereka pulang nanti mereka mikir Indonesia enggak ketinggalan dalam hal teknologi,” tambahnya.

Meski berhasil mencuri perhatian media, operator Telkomsel sekali lagi menegaskan bahwa teknologi 5G yang hadir di Telkomsel 5G Experience Center masih sebatas uji coba atau demo saja. Masih dibutuhkan waktu yang cukup lama untuk akhirnya memperkenalkan 5G kepada pasar komersial. Rencananya 5G akan mulai aktif dirilis secara official pada tahun 2021 atau 2022.

Terkait hal tersebut, Kemkominfo sudah mempersiapkan skema spektrum 5G. Saat ini, Telkomsel telah menguji coba 5G dalam spektrum yang ditawarkan Kemkominfo, yaitu 2.8GHz. Namun, dibutuhkan satu jenis spektrum lainnya yang ideal untuk 5G dan masih masih menggunakan frekuensi satelit.

“Ya, skemanya itu memang kita siapkan spektrum dengan IP Radio 2.8GHz, ada juga 3.5GHz, tapi masih banyak dipakai untuk satelit,” ucap Rudiantara ketika diwawancarai oleh  Liputan6.com di GBK.

Direncanakan Kemkominfo akan membersihkan  spektrum 3.5GHz agar nantinya bisa digunakan oleh operator untuk teknologi 5G.

“Nantinya, 3.5GHz bisa dipakai tetapi harus dibersihkan pada saatnya. Lagipula, 5G itu bukan teknologi yang langsung bisa di-deploy tahun depan. (5G) ini masalah kompleks. Makanya nanti akan dibuka opsi spektrum 3.5GHz,” ucapnya.

Tentu kabar ini membuat masyarakat Indonesia jadi tidak sabar untuk menikmati teknologi komunikasi terkemuka 5G, khususnya pengguna Telkomsel. Nah, buat kamu yang menggunakan provider Telkomsel, kamu bisa beli paket Internet Simpati, Halo, dan AS online.

\


 
About - Contact Us - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top