Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Waspada Gejala Penyakit Jantung Sebelum Berakibat Fatal


Hampir setiap orang mengetahui betapa bahayanya penyakit jantung. Penyakit tersebut memang bisa berakibat fatal, sehingga mengetahui gejala penyakit jantung sejak awal menjadi penting agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Apabila seseorang mengalami penyakit jantung dan terlambat di tangani, maka kondisi kesehatan orang tersebut dapat menurun tajam.

Seperti yang disebutkan di atas, bahwa penting untuk mengetahui apa saja gejala yang muncul ketika seseorang mengalami jantung. Sebagaimana jantung adalah organ tubuh yang memompa darah ke seluruh tubuh, sehingga organ vital tersebut harus dilindungi. Nah, berikut ini adalah beberapa gejala penyakit jantung di awal yang perlu anda ketahui.

1. Muncul nyeri di dada

Gejala pertama yang bisa muncul pada penyakit jantung adalah nyeri di dada. Gejala ini terjadi karena jantung tidak mendapatkan darah yang mengandung oksigen yang cukup. Gejala ini akan menyebabkan kondisi yang sangat tidak nyaman. Oleh karena itu, sebaiknya lakukan penanganan dengan segera apabila seseorang mengalami gejala ini.

2. Detak jantung menjadi tidak teratur

Merupakan gejala awal penyakit jantung, yaitu terjadi detak jantung yang tidak teratur. Gejala yang satu ini juga disebut dengan palpitasi. Sebaiknya, anda perlu waspada apabila mengalami gejala yang satu ini, karena merupakan gejala yang umum terjadi.

3. Mengalami sesak napas

Ternyata sesak napas bisa menjadi salah satu gejala awal seseorang memiliki penyakit jantung. Secara medis, sesak napas yang terjadi adalah di akibatkan aliran darah yang tidak lancar. Darah merupakan cairan yang mengandung oksigen. Begitu cairan tersebut tidak mengalir dengan baik, maka tubuh mengalami kekurangan oksigen yang menyebabkan sesak napas tersebut.

4. Mengalami pusing

Pusing merupakan salah satu penyakit yang bisa menyerang siapa saja. Tetapi, ada waktu di mana anda tidak boleh meremehkan pusing yang anda alami, karena ada waktu di mana pusing menjadi gejala awal penyakit jantung. Untuk mengetahui kepastiannya, memeriksa kesehatan ke dokter tentu menjadi solusi.

5. Kehilangan kesadaran secara tiba-tiba

Kehilangan kesadaran yang terjadi secara tiba-tiba juga menjadi salah satu gejala awa penyakit jantung. Seseorang yang pingsan belum tentu mengalami penyakit jantung apabila tidak disertai dengan gejala aneh lainnya. Walaupun begitu, ada baiknya untuk tetap waspada apabila terjadi sesuatu dan periksa ke dokter apabila terjadi gejala aneh yang menyertai setelah mengalami pingsan tersebut.

6. Badan terasa lemas

Apabila badan anda terasa lemas tanpa sebab yang pasti, maka sebaiknya anda segera periksa ke layanan medis terdekat. Iya, badan terasa lemas juga merupakan salah satu gejala awal penyakit jantung yang perlu di waspadai. Insomnia, sleep apnea dan restless leg syndrome adalah beberapa gangguan umum yang bisa berpotensi menjadi faktor risiko penyakit jantung pada seseorang.

Setelah mengetahui apa saja gejala yang muncul terhadap seseorang yang terkena penyakit jantung, maka pengobatan adalah solusi untuk mengatasi penyakit tersebut. Adapun untuk pengobatan, anda bisa lakukan dengan cara sesegera mungkin memeriksa kesehatan anda ke dokter. Dalam hal ini, dokter lah yang akan memberikan resep obat yang cocok untuk mengatasi penyakit jantung tersebut.

Demikian adalah beberapa gejala penyakit jantung dan cara pengobatannya yang perlu anda ketahui. Kesehatan memang menjadi sebuah kebutuhan yang penting untuk setiap orang. Bahkan orang banyak memilih untuk sehat walaupun harus mengeluarkan uang dalam jumlah yang tidak sedikit. Oleh karena itu, sebaiknya kesehatan termasuk kesehatan jantung harus selalu dijaga dengan baik.

Posting Komentar untuk "Waspada Gejala Penyakit Jantung Sebelum Berakibat Fatal"