Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengapa Menggunakan Layanan Colocation Server


Jika sebelumnya sudah dibahas tentang pusat data, dalam menjalankan bisnis apalagi yang bergerak bidang teknologi informasi, ada banyak istilah yang harus Anda ketahui. Tidak berhenti spai disitu, perusahaan apapun setidaknya pasti membutuhkan layanan third party yang akan membantu Anda dalam beberapa aspek. Seperti misalnya untuk penyimpanan komputer server yang mana Anda membutuhkan sebuah colocation. Layanan ini akan sangat dibutuhkan untuk menyimpan komputer server yang aman dari berbagai gangguan fisik maupun non fisik.

Manfaat dan Keuntungan Menggunakan Layanan Colocation Server
Hal pertama yang harus Anda ketahui adalah pengertiannya. Colocation bisa diartikan sebagai sebuah rak penyimpanan yang berada di dalam sebuah pusat data atau data center. Rak penyimpanan ini berfungsi sebagai tempat menyimpan hardware atau komputer server sebuah perusahaan. Tidak hanya sekedar menyimpan, di dalam layanan yang diberikan juga termasuk perawatan lainnya seperti mengurus sistem dan update jika dibutuhkan. Layanan ini banyak disewa oleh perusahaan karena dianggap lebih hemat dalam penggunaan biaya.

Apabila Anda sedang membutuhkan sebuah tempat untuk penyimpanan hardware server Anda, nexdatacenter.com bisa menjadi pilihan tepat. Disini Anda bisa mendapatkan colocation berspesifikasi tinggi dengan fasilitas yang diberikan juga begitu lengkap. Mungkin banyak yang bertanya mengapa harus menyewa untuk menggunakan layanan penyimpanan komputer server ini. Untuk menjawabnya, berikut adalah beberapa manfaat yang bisa didapatkan jika menyewa tempat penyimpanan komputer server ini.
1. Menghemat penggunaan biaya
Manfaat pertama yang akan Anda dapatkan adalah efisiensi biaya. Membuat data center sendiri di dalam bangunan atau gedung kantor sebagai penyimpanan server sudah pasti membutuhkan biaya yang besar. Belum lagi untuk maintanance dan perawatan rutin atas hardware dan sistem yang bekerja di dalamnya. Jika Anda menggunakan jasa penyewaan penyimpanan komputer server ini, semua layanan bisa Anda dapatkan sekaligus. Dengan begitu Anda tidak perlu lagi memikirkan budget tambahan untuk perawatan dan pemeliharaan komputer server. Produktivitas pun bisa meningkat lebih tinggi.

2. Keamanan Lebih Terjamin
Manfaat paling utama yang bisa Anda dapatkan ketika menggunakan layanan penyewaan rak penyimpanan komputer server atau colocation adalah dari segi keamanan. Sebuah rak penyimpanan komputer server sudah pasti diletakkan di dalam sebuah pusat data atau data center. Pembangunan data center ini pun tidak bisa sembarangan karena harus mempertimbangkan aspek keamanan fisik maupun non fisik. Tidak seperti jika Anda harus membuat sendiri data center untuk menyimpan komputer server. Lokasi perusahaan yang belum terjamin keamanannya serta tidak tersedianya ahli IT untuk maintanance akan berpengaruh pada keamanan server data yang disimpan di dalamnya.

3. Fasilitas Lengkap
Terakhir, memanfaatkan layanan penyewaan penyimpanan komputer server akan memberikan Anda fasilitas lengkap untuk perawatan dan penyimpanannya. Mulai dari ketersediaan rak penyimpanan, fasilitas pendinginan, sistem keamanan, daya yang digunakan hingga fasilitas untuk memudahkan akses, semuanya bisa Anda dapatkan secara lengkap. Ini jugalah fasilitas yang ditawarkan oleh NEX sebagai salah satu tempat penyewaan fasilitas penyimpanan komputer server ini.

Server merupakan bagian terpenting dalam pengolahan dan penyimpanan data. Sebuah perusahaan atau organisasi yang melakukan traffic atau lalu lintas akses data yang padat tentu membutuhkan layanan penyimpanan server yang memadai. Dibandingkan dengan membuat sebuah pusat data sendiri tempat Anda akan menyimpan server tersebut, memanfaatkan layanan Colocation adalah pilihan terbaik yang bisa Anda gunakan. Berbagai manfaat seperti yang dijelaskan di atas akan menjadi keuntungan yang Anda dapatkan jika memanfaatkan layanan ini.

Posting Komentar untuk "Mengapa Menggunakan Layanan Colocation Server"