Selasa, 12 Mei 2020

Dasar-Dasar Penting Tentang Linear bearing


Linear bearing datang dalam dua bentuk dasar - bulat dan persegi - dan desainer sering kesulitan dengan jenis yang digunakan. Persegi atau rel profil sekali biaya secara signifikan lebih dari putaran karena yang pertama membutuhkan penggilingan yang luas yang melekat pada desain. Tetapi kemajuan manufaktur baru-baru ini dan skala ekonomi memungkinkan rel persegi sekarang bersaing dengan putaran dalam berbagai aplikasi.
Kriteria untuk memilih satu di atas yang lain tidak berbeda dengan memilih komponen mesin lainnya: menentukan tujuan sistem, kemudian mempertimbangkan faktor-faktor seperti kapasitas beban, kekakuan, akurasi, kehalusan, ukuran, dan biaya keseluruhan. Tempat terbaik untuk memulai adalah melihat kualitas mendasar dari setiap jenis panduan.
Rel persegi atau profil rata di bagian atas dan bawah, sedangkan sisi-sisinya memiliki bentuk cekung dengan balapan yang sesuai dengan bola tempat bantalan digulung. Mereka biasanya menargetkan aplikasi seperti peralatan mesin yang membutuhkan kapasitas beban tinggi, kekakuan, dan akurasi. Kinerja rel profil berasal dari bentuknya yang melekat dan melalui penggilingan trek bola rel yang presisi. Balapan di mana bola naik di rel dan kereta hanya sedikit lebih besar dalam radius dari bola itu sendiri. Geometri ini membuai bola karena meratakan sedikit di bawah beban, yang memperluas area kontak antara mereka dan balapan dan menghasilkan kapasitas beban tinggi. Mengganti rol silinder untuk bantalan bola kira-kira dapat menggandakan kapasitas muatan dalam paket berukuran sama.
Kapasitas muat, kekakuan, dan akurasi semua rel profil yang bagus diidamkan semua orang. Namun desain round-rail, dengan bantalan bola-bushing pada poros presisi, dapat menawarkan beberapa keunggulan dibandingkan rail profil. Misalnya, rel bundar umumnya lebih murah daripada rel persegi dan lebih memaafkan ketidakselarasan dan paralelisme yang buruk. Keuntungan lain dari bantalan rel bulat adalah kemampuan untuk berjalan dengan lancar saat dipasang pada permukaan yang kurang sempurna.
Persegi-rel sangat sensitif terhadap kesalahan kerataan yang dapat menyebabkan pengikatan dan hambatan yang tinggi yang dapat mengurangi masa pakai. Permukaan harus disiapkan dengan hati-hati atau bagian-bagiannya tidak rata dan disesuaikan selama pemasangan, menambah biaya. Sebaliknya, rel bundar dapat dipasang ke rangka tubular yang dilas. Karena bola bushing bebas untuk berputar pada poros bundar, ketika digunakan berpasangan, satu rel dapat duduk pada ketinggian yang sedikit berbeda dari yang lain dan memungkinkan lebih banyak variasi dalam ketinggian rel daripada sistem rel persegi.
Sebagai perbandingan, rel profil persegi tidak dirancang untuk menjangkau celah atau didukung ujung. Mereka lebih kaku dan lebih kaku, tetapi membutuhkan dukungan yang lurus dan terus menerus dengan persyaratan ketat untuk kerataan dan paralelisme. Parameter penting untuk pemandu profil adalah menjalankan paralelisme, yang berada dalam rentang beberapa mikrometer. Kecuali jika diikuti dengan cermat, bantalan mengikat atau aus sebelum waktunya. Untuk mencegah masalah seperti itu, panduan pemasangan dengan susah payah mencakup persiapan permukaan pemasangan, toleransi pemasangan, dan paralelisme rel. Data pemasangan juga mencakup offset vertikal rel, offset carriage vertikal dan lateral, toleransi lubang pemasangan, torsi baut, dan sambungan butt.
Namun, rel profil tunggal dapat mendukung momen ke segala arah, menghilangkan masalah menyelaraskan dua rel pada permukaan yang berbeda. Aplikasi dengan tapak lebar (sekitar 300-mm) mungkin tidak berfungsi dengan panduan tunggal karena beban di luar pusat dapat menyebabkan momen buruk pada rel. Sebelum menentukan rel profil, pastikan untuk memeriksa peringkat momen dan kekakuannya berdasarkan beban momen yang diharapkan.
Dari sini, sudah pahamkah anda? Begitulah penjelasan tentang linear bearing. Anda perlu mengunjungi Logam Makmur untuk tahu langsung produk yang cocok dengan anda.
\


 
About - Contact Us - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top