Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Beberapa Makanan Sumber Kalsium Untuk Ibu Hamil


Kalsium merupakan salah satu jenis mineral yang dibutuhkan oleh tubuh manusia. Ada berbagai manfaat yang bisa didapatkan dari kalsium ini. Antara lain untuk menjaga kesehatan tulang, mendukung kinerja sistem saraf, mendukung kontraksi otot dan lain sebagainya.

Tentunya agar bisa mendapatkan manfaat yang optimal dari kalsium ini maka ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pemanfaatan zat kalsium ini. Salah satunya adalah soal berapa banyaknya kalsium yang dibutuhkan oleh tubuh serta sumber makanan yang mengandung kalsium.

Seperti yang kita ketahui antara manusia yang satu dengan yang lain kebutuhan kalsiumnya tidaklah sama. Perbedaan ini bisa karena jenis kelamin, usia maupun kondisi tubuh seseorang. Sebagai contoh kebutuhan kalsium seseorang yang sedang hamil tentulah tidak sama dengan mereka yang tidak hamil.


Kekurangan kalsium pada ibu hamil bisa saja menyebabkan kelainan yang timbul pada bayi yang dikandungnya misalnya saja lair cacat dan lain sebagainya. Di sisi lain seorang ibu yang sedang hamil juga tidak boleh mengkonsumsi kalsium terlalu tinggi, ada batasan tertentu berapa jumlah kalsium yang boleh dikonsumsi ibu hamil dalam seharinya. Menurut beberapa sumber yang ada seorang ibu hamil tidak boleh mengkonsumsi lebih dari 2500 mg kalsium. Jika kelebihan bisa saja mengakibatkan kembung, sembelit, serta jantung berdebar kencang.


Selain soal takaran hal lain yang tak kalah pentingnya untuk diperhatikan adalah soal sumber makanan penghasil kalsium yang aman dikonsumsi oleh ibu hamil. Seperti yang kita ketahui sumber kalsium ini sebenarnya banyak sekali, akan tetapi tentu ada beberapa yang tidak cocok dikonsumsi oleh ibu hamil. Karena itulah penting bagi seorang ibu hamil untuk memilih sumber kalsium yang cocok serta aman dikonsumsinya.

Adapun beberapa sumber kalsium untuk ibu hamil yang umum dan biasa digunakan antara lain adalah sebagai berikut:


Susu dan Berbagai Produk Olahannya

Susu bisa dibilang merupakan salah satu sumber kalsium yang cukup populer digunakan di kalangan ibu hamil. Hal ini bisa kita lihat dari cukup banyaknya jenis susu kehamilan yang ada di pasaran dengan kandungan kalsium dan zat zat yang cukup bermanfaat lainnya. Selain susu produk produk olahan dari susu seperti keju, yoghurt dan yang sejenisnya juga merupakan sumber kalsium. Akan tetapi untuk masalah susu ini yang perlu diperhatikana apakah ibu tersebut memiliki alergi terhadap susu atau tidak. Jika ada alergi maka mau tidak mau sebaiknya menghindari mengkonsumsi susu dan mencari alternatif sumber kalsium lainnya.


Aneka Sayuran Hijau

Sumber kalsium lain yang mudah untuk kita temukan adalah aneka jenis sayuran hijau. Beberapa jenis sayuran yang mengandung kalsium antara lain adalah bayam, pokcoy, brokoli.


Kacang Kacangan

Kacang kacangan seperti edamame, kacang kedelai dengan berbagai jenis olahannya baik itu tahu, tempe dan lainnya juga memiliki kandungan kalsium.


Posting Komentar untuk "Beberapa Makanan Sumber Kalsium Untuk Ibu Hamil"